Proteksi DNS Komputer Dengan DNSCrypt dari OpenDNS!

Hari ini OpenDNS resmi meluncurkan fitur barunya, DNSCrypt. Fungsi DNSCrypt adalah untuk mengenkripsi koneksi antara komputer atau tablet dengan server OpenDNS. Dengan demikian komputer/tablet kita akan lebih aman melakukan rekues ke server OpenDNS. Fitur ini sangat berguna jika kita menggunakan koneksi publik WiFi, semisal di kafe, hotel, airport, kampus, sekolah, dll.

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya koneksi WiFi sangatlah rentan terhadap serangan, baik itu online spy, spoofing, atau serangan “Man in the Middle“. Dengan kita melakukan enkripsi rekues DNS, maka orang lain tidak akan tahu apa saja yang anda kunjungi ketika berselancar di Internet.

Sayangnya DNSCrypt untuk saat ini hanya tersedia untuk platform Mac. Tetapi developer OpenDNS berjanji akan segera merilis versi untuk Windows.

Cara instalasi DNSCrypt sangat mudah. Anda hanya tinggal mendownload dan jalankan file installernya, dan aktfikan DNSCrypt dengan mencentang pilihan “Enable OpenDNS” dan “Enable DNSCrypt”, dan DNSCrypt sudah siap untuk melakukan enkripsi DNS komputer/tablet anda!

Untuk memeriksa apakah DNSCrypt sudah berjalan di Mac anda, buka aplikasi Terminal, dan ketikkan perintah “dig http://www.yahoo.com”. Jika query nya berasal dari 127.0.0.1, maka DNSCrypt sudah berjalan dengan baik di Mac anda.

Berikut beberapa screenshot DNSCrypt:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s